Resep Cah Brokoli

Gw sukaaaa banget dengan yang namanya BROKOLI..selain karena kandungan yang superr buat tubuh, rasanya juga enak dibandingkan sayuran seperti caisin, sawi, dsb.. Nah lagi browsing menu untuk brokoli, nemu yang hasil masakannya sangat menggugah hati dan selera, haha :p  Sooo gw numpang copas yaah ini resep dari web sebelah, selamat mencoba ! :)
 
Cah brokoli saus tiram

(menu favoritku -yang akhirnya juga jadi favorit ayah n yodha)

bahan:

minyak goreng atau margarin (untuk menumis)
brokoli (seadanya)
bawang bombai (biasanya aku pake setengah bawang bombay untuk sekali masak)
udang (seadanya)
bawang putih (3 siung besar, cincang halus)
tepung maizena (1sdt, dilarutkan dalam sedikit air)

saus:
air (sekitar 100ml atau sekitar setengah gelas)
saus tiram (1 setengah sendok makan)
garam (secukupnya)
merica bubuk (secukupnya-kalau aku masak u dimakan bareng yodha, aku ga pake merica)
minyak wijen ( 1 setengah sendok teh)

cara masak:
1. lepaskan brokoli dari tangkai, rendam dalam air yang sudah dicampur garam (supaya binatang / cacingnya mati)
2. iris bawang bombay (aku suka cincang halus kalau masaknya untuk yodha)
3. belah punggung udang, jangan sampai putus, buang serat hitamnya
4. panaskan margarin (atau minyak goreng) dalam wajan,
5. tumis bawang putih sampai harum
6. masukkan bawang bombay.
7. setelah agak layu, masukkan brokoli, aduk
8. tuangi saus, tunggu sampai mendidih (supaya brokolinya juga agak empuk u yodha)
9. masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna
10. masukkan larutan tepung maizena, 
11. aduk sampai kental.
12. angkat, dan hidangkan :)

akhirnya,, berhubung malam ini ayah piket,, jadi yang makan ca brokoli saus tiram di malam takbiran ini cuman aku ama yodha aja

selamat menikmati

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s